TENTANG KAMI

MUNAJAT TA-IBIN (MUNAJAT ORANG YANG BERTAUBAT)



بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Dengan nama Allah yang maha pengasih dan penyayang
إِلَهِى ألْبَسَتْنِي الْخَطَايَا ثَوْبَ مَذَلَّتِي
Ya Tuhanku, kesalahan telah memakaikan baju kehinaan padaku

وَجَلَّلَنِي التَّبَاعُدُ مِنْكَ لِبَاسَ مَسْكَنَتِي
Jauhnya aku dari-Mu telah melekatkan kesusahan pada diriku
وَأَمَاتَ قَلْبِي عَظِيْمُ جِنَايَتِي
Besarnya maksiat telah mematikan hatiku

فَأَحْيِنِي بِتَوْبَةٍ مِنْكَ
Maka hudupkanlah aku dengan taubat-Mu !
يَاأَمَلِي وَ بُغْيَتِي وَيَا سُؤْلِي وَمُنْيَتِي
Wahai harapan, sumber permintaan dan impianku
فَوَعِزَّتِكَ مَا أَجِدُ لِذُنُوْبِي سِوَاكَ غَافِرًا
Demi ‘izzat-Mu, tidak kudapatkan pengampun dosaku selain-Mu
وَعَنَوْتُ بِالإِسْتِكَانَةِ لَدَيْكَ
Aku tujukan perhatianku untuk mencapai ketenangan dengan-Mu
فَإِنْ طَرَدْتَنِي مِنْ بَابِكَ فَبِمَنْ أَلُوْذُ
Jika Engkau usir aku dari pintu-Mu kepada siapa aku mengadu?
وَإِنْ رَدَدْتَنِي عَنْ جِنَبِاكَ فَبِمَنْ أَعُوْذُ
Jika tolak kehadiranku di sisi-Mu kepada siapa aku berlindung ?
فَوَا أَسَفَاهُ مِنْ خَجْلَتِي وَافْتِضَاحِي
Sungguh malangnya aku dengan segala keburukan yang menjadikanku malu menghadap-Mu
وَوَا لَهَفَاهُ مِنْ سُوْءِ عَمَلِي وَ اجْتِرَاحِي
Sungguh sialnya aku dengan kebusukan amal yang melukai-Mu
أَسْأَلُكَ يَا غَافِرَ الذَّنْبِ الْكَبِيْرِ وَيَا جَابِرَ الْعَظْمِ الْكَسِيُرِ
Aku memohon kepada-Mu, wahai pengampun dosa besar, wahai “penyambung yang retak”
أَنْ تَهَبَ لِي مُوْبِقَاتِ الْجَرِائِرِ
Anugerahkanlah kepadaku hati yang membenci keburukan
وَ تَسْتُرُ عَلَيَّ فَاضِحَاتِ السَّرائِر
Tutuplah dariku rahasia-rahasia kejelekanku
وَلاَ تُخْلِنِي فِي مَشْهَدِ الْقِيَامَةِ مِنْ بَرْدِ عَفْوِكَ وَ غَفْرِكَ
Jika kau tunjukkan kiamat padaku, jangan jauhkan aku dari sejuknya maaf dan ampunan-Mu
وَلاَ تُعْرِنِي مِنْ جَمِيْلِ صَفْحِكَ وَ سَتْرِكَ
Jangan “telanjangi” aku dengan kau lepas indahnya kasih yang menutupi tubuhku
إِلَهِي ظَلِّلْ عَلَى ذُنُوْبِي غَمَامَ رَحْمَتِكَ
Ya Tuhanku, bersihkan dosaku dengan naungan kasih sayan-Mu
وَأَرْسِلْ عَلَى عُيُوْبِي سَحَابَ رَحْمَتِكَ
Kirimkan awan rahmat-Mu untuk menutupi aib-aibku
إِلَهِي هَلْ يَرْجِعُ الْعَبْدُ الآبِقُ إِلاَّ إِلىَ مَوْلاَهُ
Ya Tuhanku, tidak mungkin kembali seorang hamba yang lari kecuali kepada tuannya
أَمْ هَلْ يُجِيْرُهُ مِنْ سَخَطِهِ أَحَدٌ سِوَاهُ
Mungkinkah untuk menghindari murka (tuan)nya ia lari kepada selainnya?
إِلَهِيْ إِنْ كَانَ النَّدَمُ عَلَى الذَّنْبِ تَوْبَةً فَإِنِّيْ بِعِزَّتِكَ مِنَ النَّادِمِيْنَ
Ya lahi, jika penyesalan dari dosa dapat menjadi taubat maka aku –dengan kemuliaan-Mu- termasuk orang-orang yang menyesal
وإِنْ كَانَ الإِسْتِغْفَارُ مِنَ الْخَطِيْئَةِ حِطَّةً فَإِنِّيْ لَكَ مِنَ الْمُسْتَغْفِرِيْنَ لَكَ الْعُتْبَى حَتَّى تَرْضَى
Jika istighfar dari dosa adalah pintu keselamatan maka aku termasuk orang-orang yang beristighfar kepada-Mu hingga Engkau ridha padaku
إِلَهِيْ بِقُدْرَتِكَ عَلَيَّ تُبْ عَلَيَّ
Ilahi, dengan qudrat-Mu atasku terimalah taubatku
وَبِحِلْمِكَ عَنِّي اعْفُ عَنِّي وَبِعِلْمِكَ بِي إِرْفَقْ بِي
Dengan kasih lembut-Mu maafkan aku!, dengan ilmu-Mu tentangku kasihani aku !
إِلَهِى أَنْتَ الَّذِي فَتَحْتَ لِعِبَادِكَ بَابًاإِلَى عَفْوِكَ سَمَّيْتَهُ التَّوْبَةَ
Ilahi, telah Kau buka bagi hamba-hamba-Mu sebuah pintu menuju maaf-Mu yang Kau sebut taubat
فَقُلتَ تُوْبُوْا إِلَى الله تَوْبَةً نَصُوْحًا
Engkau berfirman: “Bertaubatlah kepada Allah dengan taubat nasuha!”
فَمَا عُذْرَ مَنْ أَغْفَلَ دُخُوْلَ الْبَابِ بَعْدَ فَتحِهَا
Tidak ada alsan bagi yang lalai memasukinya setelah pintu terbuka
إِلَهِيْ إِنْ كَانَ قَبُحَ الذَّنْبُ مِنْ عَبْدِكَ فَلْيَحْسُنِ الْعَفْوُ مِنْ عِنْدِكَ
Ilahi, jika buruknya dosa terletak pada hamba-Mu maka letaknya kebaikan maaf hanya ada pada-Mu
إِلَهِى مَا أَنَا بِأَوَّلِ مَنْ عَصَاكَ فَتُبْتَ عَلَيْهِ
Ilahi, aku bukan yang pertama melakukan maksia kepada-Mu dan Engkau memaafkannya
وَتَعَرَّضَ لِمَعْرُوْفِكَ فَجُدْتَ عَلَيْهِ
Yang mengharapkan kemurahan-Mu dan kaupun memberikan kebaikan padanya
يَا مُجِيْبَ الْمُضْطَرِّ يَا كَاشِفَ الضُّرِّ يَاعَظِيْمَ الْبِرِّ
Wahai yang menjawab (rintihan) orang yang terjepit, wahai penyingkap bencana, wahai yang memiliki kebaikan yang agung
يَا عَلِيْمًا بِمَا فِى السِّرِّ يَا جَمِيْلَ السِّتْرِ
Wahai yang mengetahui rahasia, wahai yang menutupinya dengan keindahan
اِسْتَشْفَعْتُ بِجُوْدِكَ وَكَرَمِكَ إِلَيْكَ
Aku memohon syafaat kepada-Mu dengan segala kemurahan dan kedermawanan-Mu
وَتَوَسَّلْتُ بِحَنَانِكَ وَتَرَحُّمِكَ لَدَيْكَ
Aku berwasilah dengan keembutan dan kasih sayang dari sisi-Mu
فَاسْتَجِبْ دُعَائِ وَلاَ تُخَيِّبْ فِيْكَ رَجَائِ
Kabulkanlah doaku dan jangan Kau kecewakan harapanku
وَتَقَبَّلْ تَوْبَتِي وَكَفِّرْ خَطِيْئَتِي
Terimalah taubatku, hapus semua kesalahanku!
بِمَنِّكَ وَرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
Dengan karunia dan kasihmu wahai yang paling mengasihi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar